Review Aplikasi & Pengalaman Belanja di Prelo

Prelo aplikasi jual beli barang bekas

Assalamu’alaikum. Tulisan kali ini, aku akan berbagi pengalaman belanja di aplikasi Prelo. Tapi sebelumnya, mungkin aku akan sedikit ngebahas soal Prelo itu sendiri, karena ternyata banyak yang belum tau soal Prelo. Jadi singkatnya, Prelo adalah aplikasi jual beli barang bekas yang berbasis di Bandung. Prelo bisa diakses melalui websitenya (http://www.prelo.co.id) atau melalui aplikasi yang bisa didownload di App Store atau Play Store. Aku sendiri lebih suka pake aplikasi di hp sih karena lebih praktis.

Mungkin kalian udah tahu beberapa aplikasi atau website lain yang berkonsep serupa, jadi apa bedanya? Berdasarkan pengalamanku, bedanya adalah beberapa fitur tambahan di Prelo yang berguna banget. Fitur apa yang beda? Nanti akan aku jelasin lebih lanjut yaa.

REVIEW APLIKASI

 

tampilan awal aplikasi Prelo
tampilan ‘Home’ Prelo

Di tampilan ‘Home’ aplikasi Prelo, ada Editor’s Pick alias produk-produk yang direkomendasikan editor Prelo. Di bagian atas, ada tombol tiga garis untuk buka menu, sedangkan di sebelah kanan ada menu Search, Notification, dan Cart. Di bawahnya, ada kategori produk-produk yang dijual di Prelo. Di bagian tengah bawah, ada tombol ‘Jual’ untuk mempermudah kita mulai menjual barang. Secara keseluruhan, aku suka sama tampilannya karena rapi dan enak dipandang mata.

menu di aplikasi Prelo
Menu di aplikasi Prelo

Ini adalah tampilan setelah kita klik tombol tiga garis di atas tadi. Aku ulas satu-satu yaa

  • Lihat Shop Saya: Untuk melihat profil kita sendiri dan mengeditnya
  • Lovelist: List produk-produk yang kita sukai, jadi kalau kita belum bisa beli tapi berniat membeli, kita bisa klik love dulu, baru deh di lain waktu kita liat ulang. Ini fitur yang berguna banget sih! Ini tampilan lovelist punyaku:
  • Fitur Lovelist di Prelo
    Lovelist di Prelo
  • Jualan Saya: Untuk melihat produk-produk yang kita jual. Saya punya 2 produk jualan, tapi nggak usah ditampilin ya hehe 😛
  • Belanjaan Saya: Ini produk-produk yang kita beli. Khusus yang ini, nanti aku bahas di bagian pengalaman belanja di bawah yaa
  • Request: Ini fitur yang unik banget. Fitur ini memungkinkan kita buat request produk tertentu yang belum ada di Prelo tapi pengen kita beli. Di fitur ini kita juga bisa request packaging berlogo Prelo.
  • Tarik Uang: Ini khusus bagi yang punya saldo di Prelo Balance, bisa sebagai seller atau mungkin menang kuis yang diadain Prelo dan dapat hadiah Prelo Balance.
  • Referral Bonus: Ini adalah fitur untuk mengajak sebanyak-banyaknya orang untuk menggunakan kode referral. Kalau orang lain menggunakan kodemu, kamu akan dapat 5k dan tambahan 20k kalau dia berbelanja di Prelo, sedangkan yang memakai kodemu akan mendapat 25k. Bonus ini bisa jadi potongan harga untuk barang yang kamu beli. (Ps: kodeku adalah PSP_meow)
  • Achievement: Di fitur ini, kita bisa dapatkan poin berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya ada badge ‘The Inspector’ buat yang suka laporin barang palsu yang dijual di Prelo.
  • Bantuan: Di sini adalah fitur FAQ baik untuk penjual maupun pembeli. Tenang, informasinya lengkap banget kok
Kategori 'Women' di Prelo
Tampilan Kategori ‘Women’ di Prelo

Gambar di atas adalah tampilan kategori ‘Women’ saat diklik. Akan muncul kategori barang yang ingin kita lihat. Sebagai mahasiswa, tentu aja aku pilih yang ‘Budget’ hehe. Ini memudahkan kita dalam mencari barang sesuai budget.

menu Jual di Prelo
Tampilan Menu ‘Jual’

Tampilan di atas adalah menu ‘Jual’. Di menu ini kita bisa upload foto barang jualan kita dan sudah disediakan juga bagian-bagian fotonya. Kita bisa isi detail barang, ongkos kirim (dan kurir apa yang dipakai), juga harga. Oh iya, di bagian harga ini, penjual bisa mendapatkan keuntungan 100% (artinya Prelo enggak mengambil sepeserpun dari harga yang kamu patok) bila jualanmu dishare ke sosial mediamu. By the way, Prelo sama sekali enggak menerima produk-produk palsu ya.

PENGALAMAN BELANJA

Awalnya sih, aku enggak berniat beli apa-apa. Tapi seperti kesambet tiba-tiba di tengah malam, aku baru ngeh kalau Referral Bonusku ada 55k dan bisa dipakai sebagai potongan belanja. Bayangin, dapat potongan 55k aja udah berhasil bikin khilaf di tengah malem. Aku pun cari-cari foundation (smh) yang sama sekali enggak lagi aku butuhin. Itulah kenapa ada list foundation di Lovelistku 😛

Untungnya aku masih agak waras dan akhirnya mencari di kategori Flatshoes karena memang flatshoes-ku yang buat kuliah udah butut banget. Dan aku jatuh cinta sama flatshoes ini dalam hitungan detik saudara-saudara:

Flat Shoes di Prelo
Cinta pada pandangan pertama

Saat itu, aku bahkan enggak berpikir dua kali buat chat sellernya karena keliatan sellernya baru online beberapa saat lalu. Oh iya, ini salah satu fitur di Prelo yang membantu banget juga. Kita bisa chat sellernya dan melalukan TAWAR.

chat seller di Prelo
Fitur Chat di Prelo

Biarpun itu sekitar jam setengah 12, ternyata sellernya langsung bales OMG bahagia banget :D. Setelah proses tawar menawar itu, aku klik beli deh. Produknya masuk ke Cart.

Dan ternyata, khilafku belum sampai di situ aja pemirsa. Beberapa waktu lalu aku sempet ngebet banget pengen beli sprei karena memang butuh.

Cari sprei

Waktu dicari, ternyata ada lumayan banyak pilihan. Tapiiii aku pengennya dapat harga sprei di bawah harga flat shoes-nya (pelit), akhirnya aku pakai menu Filter.

menu Filter di Prelo
Menu Filter di Prelo

Awalnya, aku set menu filter kaya di tas, tapi ternyata masih kurang sreg. Ada sih yang aku suka dan murah bangeeet, cuma 45k, tapi lokasi seller di Batam. Pas aku coba add to cart, ongkirnya 40k :’)

Akhirnya aku set lagi dengan lokasi penjual di DIY, dan yang keluar cuma satu. Berhubung harganya murah, akhirnya aku beli lol

Beres deh. Setelah itu aku transfer dan pesananku akan segera diproses oleh seller. Kalau seller enggak juga mengirim barangnya, tenang aja, nanti uang kita akan direfund kok. Prelo kasih waktu 3×24 jam hari kerja buat seller kirim barangnya.

tampilan order Prelo

Itu adalah tampilan kalau barang yang kita beli udah dikirim. By the way, itu sellernya baik banget deh, aku pesan pake J&T which is lebih murah jauh banget dari JNE, tapi dikirimnya pake JNE :). Keterangannya juga lengkap, ada resi, foto resi, dan bahkan trackingnya.

Overall, aku nyaman sih dengan aplikasi Prelo maupun pengalaman belanjanya. Sekarang ini aku memang lebih suka online shopping via ecommerce karena enggak ribet, tinggal pencet transfer beres deh, komplain enggak susah, refund enggak susah, dan yang paling penting: pilihan banknya lengkap haha.

Gimana sama kalian? Pernah belanja atau jualan di Prelo?

Semoga tulisan ini bermanfaat yaa.

Wassalamu’alaikum!

All the comments would be read, don't worry!

%d bloggers like this: